Wing Gerakan Pramuka, brevet ini merupakan salah satu tanda pengembaraan atau hampir sama dengan tanda kecakapan umum yang ada di Gerakan Pramuka.

untuk saat ini belum ada pp yang mengatur tentang pengambilan wing namun tidak menjadi masalah jika tetap dilaksanakan sebagai motivasi bagi anggota pramuka dalam pengambilan wing tersebut.

BACA JUGA: Sejarah Pramuka Dunia dan Indonesia

wing pramuka sendiri terbagi menjadi dua yaitu wing tapak merah dan wing tapak hitam.

syarat pengambilan wing tapak merah adalah melakukan perjalanan selama 3 hari 2 malam secara berturut-turut dengan medan rata. terbagi dalam dua tingkatan yaitu:

Wing Gerakan Pramuka
wing tapak merah
  • tapak merah bintang merah yaitu dengan melakukan perjalanan selama 3 hari 2 malam dengan jarak tempuh 25 km.
  • tapak merah bintang hitam yaitu dengan melakukan perjalanan selama 3 hari 2 malam dengan jarak tempuh 35 km.

untuk syarat pengambilan wing tapak hitam adalah dengan berjalan selama 2 hari berturut-turut dengan medan menanjak atau pengunungunan membuat tapak hitam lebih berat dari tapak merah secara medan. terbagi dalam 2 tingkatan yaitu:

Wing Gerakan Pramuka
  • tapak hitam bintang merah yaitu dengan melakukan pengembaraan melewati pengunungan dengan jarak tempuh 40 km-45 km dan melawati minimal 2 kwartir ranting selama 2hari berturut-turut.
  • tapak hitam bintang hitam yaitu dengan melakukan pengembaraan melewati pengunungan dengan jarak tempuh 75 km dan melawati minimal 2 kwartir ranting selama 2hari berturut-turut.

demikianlah artikel tentang Wing Gerakan Pramuka semoga bermanfaat.


1 Komentar

Arti Kiasan Lambang Gerakan Pramuka · 01/12/2019 pada 6:03 pm

[…] Wing Gerakan Pramuka […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *