Posisi Dalam Barisan Pendakian – Solatadomai.com, olahraga outdoor dengan tingkat resiko tinggi menjadi salah satu aspek yang dijadikan oleh sebagian orang untuk menguji adrenalin.

Namun tentunya jika anda sebagai seorang yang ingin menikmati tanpa adanya bahaya yang menghampiri anda ketika berada di gunung, namun hal itu sangat mustahil.

Posisi Dalam Barisan Pendakian

Kenapa saya katakan demikian karena alam dan sang pencipta punya aturan tersendiri kepada kita semua.

Hal tersebut bisa kita minimalisir dengan adanya perlengkapan serta pengetahuan dalam mendaki gunung.

Baca juga: Pengetahuan Dasar Survival

Pentingnya pengetahuan, pengalaman serta perlengkapan adalah hal wajib yang harus kita pelajari sebelum melakukan pendakian baik itu sendiri maupun berkelompok.

6 Posisi Dalam Barisan Pendakian

1.Navigator

Navigator adalah seorang dalam tim yang berfungsi sebagai penunjuk jalan, jika anda sebagai navigator maka percayalah anda memiliki tanggung jawab yang besar.

Kenapa? karena anda memiliki tanggung jawab untuk membawah semua anggota untuk bisa sampai pada tujuan dengan selamat.

2.Leader

Leader adalah seorang yang dipilih oleh tim untuk menjadi pemimpin atau ketua dalam kegiatan pendakian tersebut.

Pemilihan seorang leader dalam pendakian biasanya adalah mereka yang memiliki wawasan serta memahami tentang jalur pendakian.

Baca juga: Persiapan Mendaki, Pengetahuan Dasar Bagi Pemula

Selain itu seorang leader adalah dia yang bisa memberikan keputusan terbaik dalam suasana genting saat pendakian.

Posisi leader saat pendakian biasanya berada di belakang navigator atau biasa juga di tengah team.

3.Chef

Sebagai seorang juru masak maka anda adalah orang yang spesial dalam team, karena berkat chef maka teman 1 team tidak akan kelaparan. Biasanya berada di posisi ke 3 di belakang team leader atau navigator.

4.Logistik

Bagian logistik adalah orang yang di pilih untuk bisa menyiapkan dan mengecek peralatan baik itu peralatan masak, tenda dan lain sebagainya tanpa terkecuali.

Posisi logistik pada saat pendakian biasanya berada di belakang chef.

5.Follower

Follower atau biasa juga disebut sebagai pengikut dengan kata lain anggota team yang tidak memiliki tugas khusus seperti chef, navigator, logistik atau team leader.

Baca juga: Pengetahuan Dasar Bagi Mountaineer, Yang Wajib Kamu Ketahui

Biasanya yang ikut sebagai follower adalah mereka yang baru dalam dunia pendakian sehingga membutuhkan bimbingan dengan anggota team yang memiliki wawasan.

Walaupun tidak selamanya follower adalah mereka yang baru namun sebagian juga merek yang tidak ingin berkompetisi untuk memiliki tugas khusus.

6.Sweeper

Sweeper atau biasa di sebut team “penyapu” dalam artian di tugaskan untuk melihat dan mengamati serta membantu anggota team yang mengalami masalah saat pendakian.

Posisi sweeper saat pendakian berada paling terakhir dari rombongan, Dengan tujuan agar barang atau anggota team tersebut tidak tertinggal dari rombongan.

Demikianlah tentang Posisi Dalam Barisan Pendakian semoga bermanfaat.

SALAM LESTARI!!!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *