Pesona Alam Sarambu Talando Tallu, berada di dusun Sanik, lembang Balepe’ , kecamatan Malimbong Balepe’ ,kabupaten Tana Toraja atau sekitar 30 km dari kota Makale.

Nama sarambu Talondo Tallu sendiri dalam bahasa indonesia berarti Sarambu(air terjun) dan Talondo Tallu(bercabang tiga).

Pesona Alam Sarambu Talando Tallu
foto by HSFCI TORAJA

Keunikan Sarambu Talondo Tallu

destinasi wisata ini sangat populer bagi kaum muda karena memiliki pemandangan yang sangat indah.hal yang unik dari air terjun ini karena memiliki cabang tiga yang membedakan dari air terjun pada umumnya.

Sarambu Talondo Tallu masih sangat alami dan udara sejuk menjadikan tempat ini mendapatkan nilai plus bagi pengunjung yang datang di sarambu Talondo Tallu.

Pesona Alam Sarambu Talando Tallu
Pesona Alam Sarambu Talando Tallu

Kisah Mistis Sarambu Talondo Tallo

selain karena keindahan air terjun talondo tallu masih menyimpan kisah yang bernuansa mistis, konon katanya di dalam kolam air terjun terdapat sejenis belut berukuran besar atau masyarakat Toraja menyebutnya masapi.

Masapi tersebut tidak boleh ditangkap atau dimakan karena masyarakat setempat percaya jika itu dilakukan maka sesuatu yang buruk akan terjadi.

selain dengan adanya masapi keunikan lainnya karena terdapat sumur tepat dibawah tempat jatuhnya air, sumur tersebut hanya bisa di jangkau dengan menggunakan semacam rakit yang terbuat dari tumbuhan gabus atau masyarakat Toraja menyebutnya Tille.

konon air dari sunur ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, jika ingin berenang di tempat ini kalaian harus seizin indo’ Talondo

Penjaga Sarambu Talondo Tallu

sarambu Talondo Tallu dijaga oleh seorang nenek bernama indo’ Talondo yang memiliki rambut panjang sekitar 8 meter . indo’ Talondo sendiri bukan orang biasa seperti pada umumnya dikarenakan rambut panjang miliknya tidak bisa di potong menggunakan gunting biasa.

selain itu menurut masyarakat setempat indo Talondo bisa merasakan tanda-tanda bencana lewat rambutnya, sayangnya tidak semua pengunjung bisa bertemu dengan indo’ Talondo kecuali ada izin dari pemangku adat.

ketika berkunjung ke sarambu Talondo Tallu ada aturan yang harus ditaati yaitu jangan menggunakan pakaian hitam dan juga celana hitam serta jangan memetik apapun yang ada di sekitar air terjun.

untuk menjangkau Sarambu Talondo Tallu kita hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua karena akses jalan yang masih dalam tahap pergerjaan oleh pihak pemerintah.

pesan saya jadilah wisatawan yang baik dengan mengikuti aturan dimana anda berada dan tetap melestarikan lingkungan sehingga kelak anak cucu kita bisa merasakan keindahan alam yang kita jaga bersama-sama.

demikianlah tentang Pesona Alam Sarambu Talando Tallu semoga menjadi referensi wisata kalian.

narasumber: Dewyta Kombong


4 Komentar

Awal · 29/05/2019 pada 8:52 am

Untuk bisa bertemu dengan indo talondo mungkin bisa dikatakan keberuntungan. Bgtupun dgn bisa memegang rambutnya hanya seizin beliau. Di talondo tallu itu sebenarnya ada batu yang biasa na tempati indo talondo untuk duduk dan tempat untuk meletekkan rambutnya klau sdh di mandikan ttpi skrng uda hilang akibat dri perbaikan talondo tallu. Sebenrnya hal itu bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi seandainya itu di jaga

10 Objek Wisata di Toraja No 10 Punya Sensasi Tersendiri · 08/07/2019 pada 10:34 pm

[…] Pesona Alam Sarambu Talando Tallu […]

Hutan Lumut Di Ujung Toraja Utara-Bagaikan Dunia Peri · 06/08/2019 pada 2:28 am

[…] Baca juga: Pesona Alam Sarambu Talando Tallu […]

Kuliner Khas Toraja Yang Wajib Kamu Cicipi · 01/12/2019 pada 5:57 pm

[…] Baca Juga : Pesona Alam Sarambu Talando Tallu […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *