Persiapan Mendaki, Melakukan kegiatan outdoor terbilang memiliki resiko yang sangat besar jika kita tidak memiliki persiapan yang matang.

Persiapan Mendaki, Pengetahuan Dasar Bagi Pemula

Bahkan tidak jarang yang mengambil resiko hanya karena eksistensi tanpa memikirkan keselamatan dan tujuan utama dari pendakian tersebut.

Dalam melakukan sebuah pendakian maka perlu persiapan yang ekstra agar terhindar dari bahaya-bahaya yang bisa di sebabkan oleh alam maupun karena faktor intern sendiri.

Baca juga: Kode Etik Pecinta Alam Indonesia Wajib Kamu Ketahui

Persiapan Sebelum Mendaki Wajib Kamu Ketahui

Pengenalan Medan

Untuk menguasai medan dan memperhitungkan bahaya, seorang pendaki harus menguasai medan, yaitu membaca peta, menggunakan kompas serta altimeter atau bertanya atau mengikut sertakan orang yang sudah menjelajahi obyek tersebut.

Persiapan Fisik

Fisik menjadi hal yang penting bagi seorang pendaki gunung terutama mencakup tenaga aerobic dan kelenturan otot.

Kesegaran jasmani akan mempengaruhi aliran oksigen melalui peredaran darah ke otot-otot badan, dan sangat penting karena semakin tinggi suatu daerah semakin rendah kadar oksigennya.

Baca juga: Pengertian, Sejarah Penelusuran Gua

Persiapan Tim

Menentukan anggota tim dan membagi tugas serta mengelompokkannya dan merencanakan semua yang berkaitan dengan pendakian.

Perbekalan dan Peralatan

Persiapan perlengkapan merupakan awal pendakian gunung itu sendiri. keberhasilan suatu pendakian atau kegiatan outdoor bukan hanya dari segi fisik tapi juga perlengkapan yang memadai karena bagian penting pelindung keselamatan pendaki itu sendiri.

Gunung merupakan lingkungan yang asing bagi organ tubuh kita yang terbiasa hidup di daerah yang lebih rendah

Peralatan yang wajib di bawah Seperti sepatu, ransel, pakaian, tenda, perlengkapan tidur, perlengkapan masak, makanan, obat-obatan, benda tajam.

Baca juga: Peralatan Susur Gua (Caving)

Pengetahuan Bahaya di Gunung

Ketika kita bergabung dengan dunia pecinta alam atau lebih mengarah ke hal mountenering (pendakian), tentunya kita sudah siap menerima konsekuensi dari bahaya yang ada di alam bebas.

Maka untuk itu kita pahami asal bahaya yang biasa mengancam keselamatan kita saat berpetualang

Faktor Internal

Yaitu faktor yang datang dari si pendaki sendiri. Apabila faktor ini tidak dipersiapkan dengan baik akan mendatangkan bahaya subyek yaitu karena persiapan yang kurang baik, baik persiapan fisik, perlengkapan, pengetahuan, ketrampilan dan mental.

Faktor Eksternal

Yaitu faktor yang datang dari luar si pendaki. Bahaya ini datang dari obyek pendakiannya (gunung), sehingga secara teknik disebut bahaya obyek. Bahaya yang dimaksud dapat berupa badai, hujan, udara dingin, longsoran hutan lebat dan masih banyak yang bisa terjadi di alam bebas.

Baca juga: Pengetahuan Dasar Survival

Kecelakaan yang terjadi di gunung-gunung Indonesia umumnya disebabkan faktor internal. Rasa penasaran dan rasa suka yang berlebihan serta dorongan hati untuk pegang peranan dalam sebuah kegiatan.


3 Komentar

Pengetahuan Dasar Bagi Mountaineer, Yang Wajib Kamu Ketahui · 20/10/2019 pada 6:29 pm

[…] olahraga outdoor yang memiliki resiko yang sangat tinggi untuk itu perlunya pemahaman serta pembelajaran bagi setiap yang akan melakukan aktivitas […]

Posisi Dalam Barisan Pendakian, Ketika Mendaki Secara Berkelompok · 23/10/2019 pada 10:11 pm

[…] Baca juga: Persiapan Mendaki, Pengetahuan Dasar Bagi Pemula […]

Tumbuhan Yang Bisa Dimakan Saat Survival, Cara Untuk Konsumsi · 01/12/2019 pada 5:46 pm

[…] Baca juga: Persiapan Mendaki, Pengetahuan Dasar Bagi Pemula […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *