peralatan dan perlengkapan caving
peralatan dan perlengkapan caving

Peralatan Susur Gua (Caving), Pada dasarnya setiap caver, harus memulai perjalanannya dalam kondisi tubuh fit . Malah dalam sebuah buku teks disebutkan, apabila badan terasa kurang fit, sebaiknya perjalanan eksplorasi gua dibatalkan.

Hal ini disebabkan karena udara di dalam gua sangat buruk, penuh deposit kotoran burung dan kelelawar, ditambah kelembaban yang sangat tinggi. Mudah sekali dalam kondisi demikian seorang penelusur gua terserang penyakit paru-paru,beberapa pioneer penelusur gua menghentikan kegiatan eksplorasinya karena terserang penyakit ini.

kondisi gua yang kompleks ini memaksa kita memiliki perlengkapan dalam melakukan penelusur gua . susur gua merupakan kegiatan yang memiliki medan berlumpur, lorong sempit dan rendah.

Selain memerlukan kondisi tubuh yang baik, seorang penelusur gua sedikit banyak harus harus memiliki kelenturan tubuh dan yang terpenting tidak cepat menjadi panik dalam keadaan gelap dan sempit. Bentuk tubuh juga mempengaruhi kecepatan gerak seorang penelusur gua.

Di dalam melakukan kegiatan olahraga susur gua banyak hal yang harus kita persiapkan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Untuk mencapai suatu hasil yang maksimal maka tentu kita harus didukung oleh peralatan-peralatan agar usaha kita tidak sia-sia. Na berikut adalah peralatan yang harus kita persiapkan jika kita ingin melakukan olahraga susur gua….

A.PERALATAN INDIVIDU

HELM SPELEO

 Helm speleo merupakan hrlm khusus untuk kegiatan penelusuran gua. Helm ini didesain khusus agar mampu menahan benturan dan juga runtuhan batu. Helm speleo dilengkapi dengan tali yang digunakan untuk mengikatkannya pada kepala. Helm ini juga memiliki tempat khusus di depan untuk meletakkan headlamp atau senter.

SEPATU

 Sepatu yang sangat di sarankan saat melakukan susur gua yaitu sepatu boot karet dikarenakan kebanyakan medan gua berair. Sepatu ini selain melindungi dari genangan air juga akan melindungi dari bebatuan.

ALAT PENERANGAN

 Peralatan ini sangat wajib kamu bawah saat melakukan susur gua berhubung kondisi gua sangat gelap. Ada dua jenis alat penerangan yang digunakan saat melakukan susur gua yaitu:

1.penerangan elektrik( senter/headlamp)

2.penerangan non elektrik(lilin/karbit)

Untuk saat ini kebanyakan yang digunakan adalah penerangan elektrik dikarenakan lebih praktis dan mudah dibawah.

COVER ALL

 Cover all merupakan pakaian khusus yang digunakan saat melakukan susur gua yang berguna untuk menghindari bangian tubuh dari gesekan dan mempertahankan suhu tubuh ketika berada dalam gua berair.pakaian memiliki bagaian atas dan bawah yang tersambung menjadi satu dan memiliki lengan panjang.

SARUNG TANGAN

 Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan dari gesekan permukaan batu yang tajam, fungsi lainnya yaitu melindungi tangan dari gesekan tali yang bisa menimbulkan luka dan panas.

PELAMPUNG

 Untuk perlengkapan ini bisa kita bawah jika genangan air dalam gua cukup tinggi. Pelampung dapat mengurangi resiko tenggelam saat melalukan penelusuran gua.

SINGLE ROPE TECHNIQUE(SRT) set

 Peralatan ini menjadi penglengkapan pribadi untuk menghemat tenaga dan efektivitas penelusuran, beberapa alat yang disesuaikan dengan tubuh pemakainya yaitu:

1.Harnes kursi

Digunakan untuk mengikat tubuh yang di pasang pada pinggang dan paha, bentuk dan jenis kursi harnes yang biasa dipakai adalah AVANTI, CROLL, RAPIDE, FRACTIO

2.Ascender

Digunakan untuk naik atau memanjat lintasan(tali), ascender dibedakan menjadi dua bagian yaitu:  hand ascender (digunakan untuk dipengang di tangan) dan chest ascender (digunakan untuk di ikatkan di dada). Jenisnya adalah HAND JUMMAR, CROLL, BASIC JUMMAR, JUMMAR.

3.Descender

Digunakan untuk memuat lintasan(tali), jenis yang sering digunakan yaitu:

·  Capstand: simple stop descender dan auto stop descender.

·  Whaletail: biasa digunakan oleh caver di Australia.

·  Rack: open dan close rack.

4.Mailon Rapide(MR)

Ada tiga macam mailon rapide yaitu:

·  Delta mr digunakan untuk menyambung(dua loop) seat harness

·  Semi circular mr digunakan untuk menyambungkan(dua loop) seat harness

·  Oval MR digunakan untuk menyambungkan chest ascender dengan delta MR atau semi circular MR.

5.Chest Harness

Digunakan untuk mengikatkan seat harness dengan dada.

6.Cows tail

Dibuat dengan tali dinamik yang di simpul dengan salah satu talinya lebih pendek. Tali yang pendek digunakan sebagai pengaman, tali yang panjang digunakan untuk menghubungkan hand ascender dengan tubuh. Di kedua ujung cows tail dipasang dua carbiner delta non screw.

7.Foot loop

Digunakan untuk pijakan kaki dan dihubungkan dengan ascender.

B.PERALATAN TIM

TALI

 Tali yang digunakan harus memiliki kualitas yang baik dan memerlukan perawatan yang baik. Jenis tali dibagi menjadi dua yaitu:

1.Hawsterlet

Jenis ini tidak digunakan dalam penelusuran gua vertical.

2.Kernmantel

Tali jenis ini memiliki dua bagian yaitu kern (bagian dalam/inti) dan mantel (bagian luar/pembungkusnya) .

LADDERS

 Ladders atau tangga tali biasanya terbuat dari kawat baja atau dari tali dengan diameter tertentu (lebih kecil dari diameter tali yang digunakan untuk vertical caving).

TALI PITA(WEBBING)

 Berbentuk tabung atau pipih (plate). Sangat berguna untuk tambatan alam, deviasa maupun tambatan lainnya.

PADDING

 Padding adalah pelindung tali dari gesekan. Biasanya dibuat dari bahan terpal yang kuat menerima gesekan.

CARBINER

 Fungsi alat ini sebagai pengait,

berdasarkan pengamannya carbiner dibagi menjadi dua yaitu:

1.carbiner scew gate, jenis ini mempunyai pengunci pada pintu atau gerbangnya

2.carbiner non scew gate, jenis ini tidak mempuyai pengunci pada pintu atau gerbangnya.

Berdasarkan bentuknya carbiner dibagi menjadi lima yaitu:

1.oval carbiner, jenis ini dirancang jika mendapat beban maka kedua sisinya mendapat beban yang sama.

2.delta carbiner, jenis ini diranjang jika kedua sisinya mendapat beban maka kedua sisinya mendapatkan beban yang berbeda, sisi utuh mendapat beban yang lebih besar dari pada sisi pintu.

3.D carbiner, jenis ini dirancang jika mendapat beban maka kedua sisinya mendapat beban yang berbeda, sisi utuh mendapat beban lebih kecil dari pada sisi pintu.

4.A carbiner, jenis ini dirancang jika mendapat beban maka kedua sisinya mendapat beban yang berbeda, sisi utuh mendapat beban lebih besar dari pada sisi pintu.

5.hart carbiner, jenis ini dirancang jika mendapat beban maka kedua sisinya mendapat beban yang sama.

PENGAMAN SISIP

 Pengaman sisip adalah peralatan tambahan untuk membuat tambatan. Penggunanaan pengaman sisisp sangat bergantung pada bentuk bawaan batuannya. Pengaman sisisp yang sering digunakan yaitu:

1.chock stopper, jenis berbentuk piramida tumpul, bisa digunakan untuk celah vertical maupun horizontal.

2.hexentrik, jenis ini digunakan untuk celah vertical maupun horizontal.

3.friend, jenis ini digunakan untuk dibebani secara vertical.

4.chock stone, jenis ini bekerja seperti pengaman sisip lainnya, bisa terpasang dengan sendirinya misalnya batu yang terjatuh lalu terjepit pada celah, maupun dipasang dengan segaja.

PAKU PITON

 Adalah salah satu bentuk pengaman tambahan yang berbentuk seperti paku yang ditanamkan pada celah vertical maupun horizontal.

BOLTS

 Pada penelusuran gua vertical , jika kita menemukan natural anchor maupun pemasangan pengaman sisip lainnya, maka satu-satunya pilihan adalah pemasangan bolts(bor tebing).

HANGER

 Peralatan ini adalah pasangan dari bolts, hanger ini digunakan untuk menambatkan tali. Macam-macam hanger berdasarkan medan yang ada:

1.plate hanger, jenis ini digunakan untuk tebing yang tidak overhang, carbiner yang digunakan adalah carbiner oval, sisi carbiner harus selalu menempel pada dinding.

2.twiste hanger, jenis ini digunakan untuk dinding yang overhang maupun untuk roof, carbiner yang biasa digunakan adalah carbiner oval maupun carbiner delta.

3.ring hanger, jenis ini digunakan untuk dinding yang overhang maupun dinding lurus, carbiner yang biasa digunakan bisa carbiner oval, carbiner. Bisa juga tanpa carbiner.

4.clown hanger, jenis ini digunakan untuk semua medan, hanger ini tidak menggunakan carbiner.

DRIVER

 Digunakan untuk mengebor dinding atau tebing.

HAMMER

 Digunakan untuk mengetes batuan yang akan digunakan untuk anchor juga untuk mengebor tebing.

TACKLE BAG

  Tas khusus untuk penelusuran gua, terbuat dari bahan terpal yang tahan gesek.

PULLEY

 Berbentuk kerekan yang prinsip kerjanya untuk memperingan penarikan beban, biasanya digunakan untuk rescue.

demikianlah artikel tentang Peralatan Susur Gua (Caving), yang bisa admin sampaikan lewat tulisan ini semoga bermanfaat


2 Komentar

Persiapan Mendaki, Pengetahuan Dasar Bagi Pemula · 26/08/2019 pada 6:45 pm

[…] Baca juga: Peralatan Susur Gua (Caving) […]

Tumbuhan Yang Bisa Dimakan Saat Survival · 26/08/2019 pada 8:44 pm

[…] Baca juga: Peralatan Susur Gua (Caving) […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *