Pengertian, Sejarah Penelusuran Gua atau biasa disebut caving  berasal dari kata cave yang artinya gua, sedangkan orang yang menelusuri gua disebut caver. Jadi caving adalah kegiatan penelusuran gua  dan merupakan salah satu bentuk kegiatan dari speleologi.

Sedangkan Speleologi secara morfologi berasal dari bahasa yunani yaitu: Spalion= gua dan Logos= ilmu, yang artinya harfiah  Speleologi adalah ilmu yang mempelajari tentang gua, namun seiring dengan perkembangan Speleologi tersebut juga mempelajari tentang lingkungan disekitar gua.

Menurut para ahli pengertian caving adalah:

1.menurut International Union of Speleologi(IUS) anggota komisi X UNESCO PBB yaitu gua adalah setiap ruang bawah tanah yang dapat dimasuki oleh orang.

2.Menurut R.K.T.ko (Speleologiawan) yaitu gua adalah setiap ruang bawah tanah baik terang maupun gelap, luas maupun sempit, yang terbnetuk melalui proses pencelahan, rekahan, atau aliran sugai yang membentuk suatu lintasan aliran sugai dibawah tanah.

Pengertian,Sejarah Penelusuran Gua

Sejarah penelusuran gua di eropa

Pada tahun 1674, seorang ahli bedah dan ahli geologi amatir dari Samesrset, Inggris bernama John Beaumont, melakukan pencatatan laporan ilmiah penulusuran gua yang pertama kali dan diakui oleh British Royal Society.

Orang pertama yang melakukan deskripsi tentang 70 gua adalah Baron Johann Valsavor berkebangsaan Slovenia pada tahun 1670-1680, dalam bentuk laporan ilmiah lengkap dengan sketsa, komentar dan peta. Atas jasanya tersebut Britis Royal Society memberikan penghargaan ilmiah kepada beliau.

Pada tanggal 14 juli 1780. Louis Marsallier menuruni gua vertical Fairies di Languedoe,Perancis. Kemudian tanggal 27 juni 1888 seorang ahli hukum dari Paris bernama Eduard Alfred Martel mengikuti jejak Marsalliers dalam melakukan penulusuran gua.pada masa inilah diakui sebagai lahirnya ilmu Speleologi yang dipelopori oleh Eduard Alfred Martel.

Roberth  de Jolly dan Norman casteret adalah dua tokoh yang muncul dari kegiatan penelusuran gua setelah perang dunia II berakhir, de jolly merupakan pembaharu dibidan peralatan penelusuran gua dan menjadi standar bagai penelusuran gua selanjutnya, sedangkan casteret menjadi pioneer dibidang “ cave diving “.

Pada tahun 1922 Casteret pertama kali menyelami lorong-lorong yang penuh dengan air di gua Montespan tanpa bantuan peralatan apapun, Casteret menerbitkan buku dengan judul “My Cave” dan “Ten Years Under Ground”, kemudian buku tersebut menjadi buku pengangan bagi penggemar Cave Diving dan Speleologi.

 Sejarah penelusuran gua di Indonesia

Pada tahun 1980, persatuan Speleologi dan caving Indonesia (Specavina) yang dibentuk di Bogor dengan tokok-tokoh diantaranya yaitu:

  • Dr.Robby  Ko King Tjoen
  • Norman Edwin (alm)
  • Dr. Budi Hartono
  • Effendi Soleman

Kegiatan ini menjadi hobi baru dan mulai menyebar terutama di kampus-kampus.

Namaun karena perbedaan prinsip akhirnya Norman Erdwin (alm) mendirikan club bernama GARBA BUMI yaitu kelompok penelusur gua yang berkiblat ke petualangan dan olahraga., sedangkan Dr. Robby  Ko King Tjoen mendirikan HIKESPI (Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia) yaitu kelompok penelusur gua yang berkiblat pada penelitian ilmiah dan konservasi.

HIKESPI mendapat pengakuan internasional dan terdaftar Union Internationale de Speleologi-anggota kelompok FUNESCO. Dari pemerintahan Indonesia HIKESPI terdaftar di LIPI sebagai organisasi afiliasi profesi ilmiah. Sebagai satu-satunya organisasi yang mewadahi semua kegiatan Speleologi di Indonesia secara resmi.

Sebagai seorang caver tentunya kita harus mengetahui pengertian dan sejarah penelusuran gua , kemudian mengetahui kode etik karena gua merupakan lingkungan yang sangat sensitive dan mudah tercemar.

kode etik penelusuran gua antara lain:

  • Jangan Mengambil Apapun Kecuali Gambar (TAKE NOTHING BUT PICTURE).
  • Jangan Meninggalkan  Apapun Jejak (LEAVE NOTHING BUT FOOTPRINT).
  • Jangan Membunuh Apapun Kecuali Waktu (KILL NOTHING BUT TIME).

Demikian artikel dengan tema Pengertian, Sejarah Penelusuran Gua. Semoga bermanfaat


1 Komentar

Persiapan Mendaki, Pengetahuan Dasar Bagi Pemula · 01/12/2019 pada 5:52 pm

[…] Baca juga: Pengertian, Sejarah Penelusuran Gua […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *