Pengertian bimbingan dan konseling menurut para PAKAR – bimbingan atau penyuluhan yang lebih lazim saat ini di kenal dengan bimbingan dan konseling.

Dikutip dari wikipedia Bimbingan dan penyuluhan Merupakan hasil konferensi FKIP/IKIP yang dilaksanakan di Malang pada tanggal 20-24 agustus 1960. kemudian pada tahun 1964 IKIP Malang dan IKIP Bandung mendirikan jurusan bimbingan dan penyuluhan.

Apa Itu Bimbingan dan Konseling? Pengertian Menurut Para PAKAR

Kemudian di akui oleh pendidikan indonesia setelah di masukkan kedalam kurikulum pada tahun 1965.

Pengertian Bimbingan dan Konseling Menurut PARA PAKAR

Pengertian bimbingan Menurut Para Pakar

  • Menurut Rochman Natawidjaja(1987)

Bimbingan adalah suatu proses didalam pemberian bantuan kepada orang lain yang dapat di lakukan dengan cara berkesinambungan agar dapat membuat orang tersebut dapat memahami dirinya sendiri yang akan membuat dia sanggup untuk dapat bertindak dengan cara wajar sesuai dengan apa tuntutan yang juga keadaan dari lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat dan juga kehidupan umum .

  • Menurut James (1997)

Bimbingan merupakan suatu pertolongan yang diberikan oleh seseorang kepada orang lain untuk menolongnya dalam membuat suatu keputusan ke arah yang akan di tuju, dan untuk dapat mencapai tujuannya dengan cara yang di anggapnya paling baik.

  • Menurut Shertzer dan stone (1981)

Bimbingan merupakan suatu pertolongan yang dapat diberikan kepada orang lain untuk dapat memebantunya yang sedang mengalami perkembangan dan juga pertumbuhan sosial, mental, fisik, intelektual, kejiwaan, emosi dan juga kerohanian.

  • Menurut Sunaryo Kartadinata (1998)

Bimbingan merupakan suatu proses dalam membantu seseorang untuk dapat mencapai suatu perkembangan yang optimal.

  • Menurut Yee (1997)

Bimbingan merupakan suatu bantuan yang saling berkesinambungan dan juga bersifat mendidik yang akan diberikan kepada seseorang untuk dapat membuat suatu penyesuaian dan juga perubahan tingkah laku yang perlu.

Baca juga: √3 Teori Perkembangan Anak Menurut Para Ahli

Pengertian Konseling Menurut Para Pakar

  • Menurut Schertzer dan Stone (1980)

Konseling adalah upaya seseorang untuk membantu individu lain melalui interaksi yang bersifat pribadi sehingga akan mampu membuat suatu keputusan yang menjadi dianggap sebagai keputusan terbaik.

  • Menurut Jones (1951)

konseling adalah kegiatan yang dikumpulkan atas permasalahan tertentu untuk kemudian diberikan cara penyelesaiannya oleh yang bersangkutan.

  • Menurut Winkell (2005)

Konseling adalah serangkaian kegiatan pokok dalam bentuk bimbingan tujuan agar konseling dapat mengambil keputusan sendiri atas dasar tanggung jawab terhadap berbagai persoalan yang dihadapina.

  • Menurut Talbert (1959)

Konseling merupakan hubungan seseorang dengan orang lain yang dilakukan dengan tatap muka antara dua orang dalam mana konselor melalui hubungan tersebut mampu menunjukkan kemampuan-kemampuan dalam upaya memberikan solusi yang terbaik dari apa yang dialami oleh klien.

  • Menurut Tohari Musnawar (1992)

Konseling adalah suatu proses pemberian bantuan terhadap indivisu yang mengalami permasalahan agar menemukan permasalahannya tersebut sehingga individu yang bersangkutan dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan diakhirat.

Baca juga: Keterampilan Menyimak, Pengertian, Tujuan, Jenis-jenis dan Tahapan

Tujuan Bimbingan dan Konseling

Tujuan Bimbingan dan Konseling yaitu suatu bantuan yang diberikan oleh konselor kepada konseli agar konseli mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya dan juga mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya.

Tujuan Bimbingan dan Konseling yaitu:

  • Memilih dan mempertemukan pengetahuan tentang dirinya dengan informasi tentang kesempatan yang ada secara tepat dan bertanggung jawab.
  • Mewujudkan penghargaan terhadap diri orang lain.
  • Mengatasi kesulitan dalam memahami dirinya.
  • Mengembangkan pengertian dan pemahaman diri siswa dalam kemajuan di sekolah.
  • Memahami lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.
  • Mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang dihadapinya.
  • Menyalurkan dirinya baik dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang-bidang kehidupan lainnya.

Jenis bimbingan dan Konseling

Layanan Orientasi

Layanan Orientasi merupakan layanan yang mungkin peserta didik memahami lingkungan baru, terutama lingkungan sekolah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk mempermudah dan memperlancar berperannya peserta didik di lingkungan yang baru itu, sekurang-kurangnya diberikan dua kali dalam satu tahun yaitu pada setiap awal semester. Tujuan layanan ini adalah agar peserta didik dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru secara tepat dan memadai yang berfungsi untuk pencegahan dan pemahaman.

Layanan informasi

Layanan informasi merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi seperti; informasi diri, sosial, belajar, pergaulan, karier dan pendidikan lanjutan. Tujuan dari layanan ini adalah membantu peserta didik agar dapat mengambil keputusan secara tepat tentang sesuatu, dalam bidang pribadi, sosial, belajar maupun karier berdasarkan informasi yang diperolehnya yang memadai.

Layanan pembelajaran

Layanan pembelajaran merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik dalam menguasai materi belajar atau penguasaan materi yang cocok dengan kecepatan dan kemampuan dirinya serta berbagai aspek tujuan dan kegiatan lainnya. Layanan ini berfungsi untuk pengembangan.

Baca juga: C0ntoh Cara Membuat Ulasan Dalam Bentuk Narasi

Layanan penempatan dan penyaluran

Layanan penempatan dan penyaluran merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik memperoleh penenpatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi, kegiatan ekstra kurikuler sesuai dengan potensi, bakat, minat pribadinya dengan tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan sesuai dengan kemampuannya. Layanan ini berfungsi untuk pengembangan.

Layanan penguasaan konten

Layanan penguasaan konten merupakan layanan peserta didik unruk membantu menguasi konten tertentu, terutama kompotensi dan atau kebiasaan yang berguna dalam kehidupan di sekolah, keluarga dan masyarakat.

Layanan konseling perorangan

Layanan konseling perorangan merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik mendapatkan layanan langsung tatap muka secara perorangan dengan guru pembimbing untuk membahas dan mengentaskan permasalahan yang dihadapinya dengan perkembangan dirinya. Tujuan dari layanan ini agar pesrta didik dapat untuk pengentasan dan advokasi.

Layanan bimbingan kelompok

Layanan bimbingan kelompok merupakanlayanan yang menungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama melalui dinamika kelompok memperoleh bahan dan membahas pokok bahasan tertentu untuk menunjang pemahaman dan pengembangan kemampuan sosial, baik sebagai individu maupun sebagai pelajar, kegiatan belajar, karier, serta pengambilan keputusan atau tindakan tertentu melalui dinamika kolompok. Layanan ini berfungsi untuk pemahaman dan pengembangan.

Layanan konseling

Layanan konseling kelompok merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik memperoleh kesempatan untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan pribadi yang dialami oleh masing-masing anggota kelomok. Layanan ini berfungsi sebagai pengentasan dan advikasi

Layanan konsultasi

Layanan konsultasi merupakan layanan yang membantu peserta didik dan atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yang perlu dilaksanakan dalam menangani kondisi atau masalah peserta didik.

Baca juga: Puisi Sajak Putih Karya Chairil Anwar, Beserta Analisis Puisi

Layanan mediasi

Layanan mediasi merupakan layanan yang membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan ataupun perselisihan dan perbaikan hubungan antar peserta didik dengan konselor sebagai mediator.

Layanan dukungan

Layanan dukungan sistem merupakan komponen pelayanan dan kegiatan manajemen, tata kerja, infra struktur misalnya teknologi informasi dan komunikasi, dan pengembangan kemampuan professional konselor secara berkelanjutan , yang secara tidak langsung memberikan bantuan kepada konseli atau memfasilitasi kelancaran perkembangan konseling.

Demikianlah tentang Pengertian bimbingan dan konseling menurut para PAKAR serta tujuan dan jenis-jenis bimbingan dan konseling semoga bermanfaat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *