Manfaat Organisasi Bagi Kaum Muda – Dalam berorganisasi banyak hal yang bisa kita dapatkan seperti melati kepemimpinan, cara berkomunikasi yang baik dengan sesama, serta etika dan moral yang bisa terbentuk dalam organisasi.

Yang didapat dari organisasi tentu sangat bermanfaat bagi diri sendiri, terutama dalam hal kerjasama dan pola pikir sehingga dalam kehidupan nyata kita bisa menerapkan ketika kita berbaur dengan masyarakat luas.

Masa muda merupakan masa yang paling tepat untuk mencari banyak pengalaman dan menambah wawasan.

Untuk menambah wawasan dan pengalaman tersebut di perlukan keaktifan seorang anak muda dengan cara belajar yang baik di sekolah maupun kampus serta bergabung dengan organisasi.

Manfaat Organisasi Bagi Kaum Muda

Dampak/Manfaat Positif Mengikuti Organisasi

Disinilah pentingnya organisasi bagi  anak muda dengan mendapatkan pengalaman dan wawasan yang lebih luas di organisasi.

Baca juga: Mendakilah Agar Kamu Tahu Karakter Temanmu

Maka diharapkan para anak muda yang masih memiliki semangat menggebu-gebu tetap bisa mengendalikan diri agar tidak terpengaruh dengan hal-hal negative yang ada di lingkungan sekitarnya.

Karakteristik generasi muda yang creative dan inovatif sangat diperlukan untuk kemajuan dan pembangunan bangsa,  hal tersebut akan berjalan lebih baik apabila generasi muda tersebut mengembangkan semua skill yang mereka miliki.

Untuk itulah diharapkan para generasi muda kini lebih berani ikut dalam ber-organisasi di mana pun selama organisasi tersebut melakukan hal yang positif.

Tujuan Organisasi

Setiap organisasi memiliki tujuan masing-masing , di mana tujun tersebut disokong bersama oleh seluruh anggotanya.

Tetapi tidak bisa di pungkiri bahwa setiap kepala memiliki pemikiran yang berbeda, namun perbedaan pemikiran dapat disatukan dengan keinginan bersama dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yang baik.

Tujuan ini juga menjadi pedoman masa depan bagi organisasi dan anggotanya dalam melangkah, atau lebih tepatnya sebagai pedoman dalam menjalankan roda organisasi.

Baca juga: Filosofi Kopi Hitam Sebagai Motivasi Hidup

Pada sisi lain berorganisasi kita akan berlatih kepemimpinan serta bertanggung jawab dan melaksanakan setiap amanah yang diberikan kepada kita, tidak perduli baik laki-laki maupun perempuan, semua memiliki hak yang sama dalam menjaga nama baik organisasi.

Dalam berorganisasi manfaat lain yang bisa kita dapatkan  adalah kita memiliki modal dalam mencari pengalaman di dunia kerja, kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan dalam organisasi seperti seminar, pelatihan kepemimpinan, dan lain sebagainya.

Pentingnya Mengetahui Visi Misi Organisasi

Dalam berorganisasi kita harus mengetahui apa yang hendak di tuju oleh organisasi tersebut, apakah sesuai dengan passion kita atau tidak, bagaimana visi dan misinya.

Namun bukan berarti organisasi yang tidak sesuai dengan passion kita nantinya tidak membuat kita nyaman ataupun tidak membuat kita berkembang.

Mencari pengalaman juga bisa menjadi dasar pertimbangan kita dalam berorganisasi, semakin banyak organisasi yang kita ikuti maka tentunya menambah pengalaman serta kematangan emosional.

Baca juga: Hidup Susah Sudah Biasa, Karena Orang Tua Ku Bukan Orang Kaya

Semakin banyak kita berinteraksi dengan dengan orang-orang yang memiliki latar belakang berbeda maka semakin matang pula emosional kita dalam menghargai perbedaan.

Manfaat Yang Sudah Saya Rasakan

1.menumbuhkan sikap tanggungjawab, di dalam organisasi terdapat struktur di mana setiap anggota memiliki fungsi dan tugas masing-masing, melalui itu seorang anggota akan memiliki etos kerja, kedisiplinan dan jiwa tanggungjawab

2.meningkatkan rasa percaya diri, dengan mengikuti berbagai organisasi mampu meningkatkan mental kita, seperti berbicara di depan umum atau bertukar pendapat merupakan bentuk pengasahan mental.

3.meningkatkan kemampuan berbicara, dalam organisasi kita dituntut untuk bisa mengeluarkan pendapat atau usulan, banyak orang pintar dianggap bodoh karena tidak dapat menyampaikan pendapatnya di depan umum.

Selain fungsi di atas manfaat lain dalam berorganisasi yaitu pengembangan pola fikir, sosialisasi, dan pembentukan EQ.

Untuk itu gunakanlah masa muda kamu dengan sebaik-baiknya dengan hal-hal positif supaya menjadi bekal di kemudian hari.

Kelak itu yang akan kamu wariskan ke anak cucumu.demikianlah artikel tentang Manfaat Organisasi Bagi Kaum Muda semoga bermanfaat dalam semangat membangun bangsa.


1 Komentar

Pembinaan dan Visi Misi Gerakan Pramuka || RDP Kwarnas · 11/12/2019 pada 9:23 pm

[…] Baca juga: Manfaat Organisasi Bagi Kaum Muda, Sebagai Pembentukan Karakter […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *