Jawaban SKU Penegak Laksana Terbaru, Tingkatan dalam pramuka penegak ada dua yaitu penegak bantara dan penegak laksana.

Tahapan yang harus dilalui sebelum melangkah pada tingkatan penegak laksana yaitu terlebih dahulu kita harus menyelesaikan semua persyratan untuk menjadi anggota penegak.

Setelah menjadi anggota penegak maka kita bisa mengikuti latihan dan menyelesaikan persyratan untuk mencapai pramuka penegak tingkat bantara.

Jika kita sudah sampai pada tahap pramuka penegak bantara maka kita bisa melangkah pada tingkatan pramuka penegak laksana, namun terlebih kita harus menyelesaikan persyratan sebagai berikut.

Jawaban SKU Pramuka Penegak Laksana

Jawaban SKU Pramuka Penegak Laksana

1.Agama

Agama Islam

  • Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun Islam di muka Pasukan Penggalang atau Ambalan Penegak.
  • Dapat menjelaskan rukun sholat dan dapat mendirikan sholat sunah.
  • Dapat menjelaskan rukun puasa serta dapat melakukan salah satu puasa sunah.
  • Memahami tata cara merawat/mengurus jenazah.
  • Pernah menjadi amil zakat.
  • Dapat menghafal ayat tematik, dari Al quran dan mampu menjelaskannya.

Agama Khatolik

  • Memahami dan mendalami 7 sakramen
  • Menghayati dan dapat menceritakan riwayat salah satu Santo / Santa
  • Membahas 10 Perintah Allah, dilengkapi dengan contoh kehidupan sehari-hari

Agama Protestan

  • Dapat memberi kesaksian di depan jemaat atau teman.
  • Dapat berpartisipasi aktif dalam pelayanan Gereja sesuai bakat dan kemampuannya.
  • Telah mengikuti pengajaran Agama (Katekisasi).

Agama Hindu

  • Dapat menjelaskan sejarah kerajaan /candi–candi agama Hindu di Indonesia.
  • Dapat melafalkan dan bertindak sebagai pemimpin persembahyangan Panca Sembah.
  • Dapat menjelaskan Samsara / Punarbawa atau reinkarnasi sebagai bentuk untuk penyempurnaan kelahiran berikutnya.
  • Dapat menjelaskan konsep Ajaran Asta Brata
  • Dapat melakukan gerakan dan menjelaskan fungsi, serta manfaat dari setiap gerakan Yoga Asanas.
  • Dapat melafalkan dan mengidungkan lebih dari satu bentuk Dharma Gita.

Agama Budha

  • Dapat memimpin dan mengorganisir kebaktian (pagi dan sore) serta perayaan hari-hari besar Agama Buddha; hari Waisak, Asadha, Kathina, Maggapuja).
  • Saddha: Mendiskripsikan ruang lingkup dan intisari Tripitaka
  • Menjelaskan makna dan manfaat puja serta doa.
  • Mendiskripsikan sila sebagai bagian dari jalan mulia berunsur delapan.
  • Menjelaskan kebenaran yang terdapat dalam Tripitaka.

Saya kosongkan dikarenakan jawaban sesuai dengan keyakinan kita masing-masing.

2.Dapat menerima kritik dari orang lain, serta berani mengeluarkan pendapatnya dengan tertib, sopan dan santun kepada orang-orang di sekitarnya.

  1. Kritik disampaikan secara obyektif. Artinya kritik tidak memandang subyektif (orang yang akan dikritik), siapapun orangnya walaupun itu presiden sekalipun layaknya juga dikritik ketika ia melakukan kesalahan. kritik yang obyektif adalah kritik yang sesuai dengan realitas yang terjadi, akan menjadi kritik yang tidak obyektif apabila kritik itu tidak sesuai dengan realitas.
  2. Kritik disertai dengan dasar dan tidak disampaikan secara emosional. Maksudnya dalam menyampaikan kritik disertai alasan-alasan yang jelas mengenai kesalahan-kesalahan yang dilakukan orang yang dikritik. Kalau pun kritik itu adalah sebuah penilaian juga diberikan argumen yang benar.
  3. Kritik seharusnya disertai pula dengan solusi atau saran dan disampaikan dengan bahasa atau tutur kata yang baik sehingga tidak menyinggung perasaan orang lain.

Baca juga: Jawaban SKU Bantara

3.Dapat mengikuti dan atau memimpin diskusi Ambalan dan mampu mengambil keputusan.

Diskusi atau dialog adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih secara bersama sama guna memecahkan suatu permasalahan dengan saling “ adu” argumentasi dalam memberikan saran, usulan, dan atau solusi terhadap permasalahan yang dihadapi. Dalam memberikan setiap argumentasi yang harus dikedepankan adalah kebenaran dan obyektifitas serta dilakukan dengan cara yang sopan, arif dan bijaksana

4.Dapat menjadi penengah (memberi solusi), jika terjadi ketidak sepahaman dalam kelompoknya

Hal tersebut sudah seharusnya bisa anda lakukan sebagai seorang penegak bukan hanya dalam organisasi namun juga dalam masyarakat, tanpa memilih kawan atau lawan namun sebagai seorang anggota pramuka anda harus imbang dalam mengambil sebuah keputusan.

5. Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 3 kali setiap bulan.

Dalam hal ini yang dimaksud sebagai pertemuan ambalan yaitu: Rapat,musyawarah, latihan rutin, perkemahan ambalan, dan lain – lain.

Baca juga: Jenis-Jenis Salam Pramuka dan Tanda Pengenal

6. Setia membayar iuran kepada gugus depannya, dengan uang diperoleh dari usaha sendiri, serta membantu Ambalan dalam mengelola administrasi keuangan.

Menjadi salah satu syarat untuk menyelesaikan syarat sku penegak laksana dengan tujuan seorang anggota pramuka mampu berusaha dan mandiri untuk memenuhi kebutuhannya.

7. Dapat memimpin rapat dan membuat risalah dengan baik.

risalah rapat adalah catatan mengenai apa yg telah dibicarakan dan diputuskan di suatu rapat.

8. Pernah memimpin kegiatan di tingkat Ambalan.

Membuktikan Bahwa kita pernah menjadi pemimpin kegiatan di sebuah ambalan sesuai program kerja dewan ambalan yang ada.

9.Pernah memimpin kerja bakti di masyarakat minimal 2 kali.

Dapat dan pernah memimpin kerja bakti di masyarakat sesuai yang dilaksanakan di desa masing masing.Kerja bakti merupakan kegiatan warga yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat itu sendiri.

10.Dapat memimpin kelompok dalam menampilkan salah satu jenis kesenian daerah.

Jenis kesenian daerah seperti: Angklung, Degung, Rampak gendang, Rengkong, tari-tarian dan masih banyak lagi kesenian daerah yang ada di indonesia.

11.Dapat menjelaskan sebagian isi AD & ART Gerakan Pramuka kepada Ambalan.

Salah satu landasan terbentuknya program kerja baik di tingkat nasional maupun daerah terkhusus disetiap ambalan yaitu dengan adanya anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan pramuka.

Baca:

12.Dapat menjelaskan di muka umum tentang sejarah kepramukaan Indonesia dan dunia

SEJARAH SINGKAT KEPRAMUKAAN SEDUNIA Pada awal tahun 1908 Baden Powell menulis cerita pengalamannya sebagai bungkus acara latihan kepramukaan yang dirintisnya.

Kumpulan tulisannya itu kemudian terbit sebagai buku “Scouting for Boys”. Buku ini cepat tersebar ke seluruh negeri Inggris, bahkan ke negara-negara lainnya,dan berdirilah di mana-mana organisasi kepramukaaan (yang semula hanya untuk anak laki-laki berusia penggalang) yang disebut Boy Scout.

Kemudian disusul berdirinya organisasi kepramukaan putri yang diberi nama Girl Guides atas bantuan Agnes, adik perempuan Baden Powell, dan diteruskan oleh Ny. Baden Powell.Tahun 1916 berdiri kelompok Pramuka usia Siaga, yang disebut CUB (anak serigala) dengan buku The Jungle Book, berisi cerita tentang Mowgli anak didikan rimba (anak yang dipelihara di hutan oleh induk serigala) karangan Rudyard Kipling sebagai cerita pembungkus kegiatan Cub tersebut.

Jawaban SKU Pramuka Penegak Laksana

Tahun 1918 BP membentuk ROVER SCOUT (pramuka usia penegak) untuk menampung mereka yang sudah lewat usia 17 tahun, tetapi masih senang giat di bidang kepramukaan.

Tahun 1922 Baden Powell menerbitkan buku ROVERING TO SUCCESS (mengembara menuju bahagia) yang berisi petunjuk bagi para Pramuka Penegak dalam menghadapi hidupnya, agar mencapai kebahagiaan.

Buku itu menggambarkan seorang pemuda yang harus mengayuh sampannya sendiri menuju ke pantai bahagia.Tahun 1920 diselenggarakan Jambore sedunia, di Arena Olympiade, London.

Baden Powell mengundang Pramuka dari 27 negara, dan pada saat itu Baden Powell diangkat sebagai bapak Pandu sedunia (Chief Scout of The World).Gagasan Baden Powell itu jitu, cemerlang, dan sangat menarik sehingga dilaksanakan juga di negara-negara lain.

Di antaranya di Nederland (Padvinder, Padvinderij), yang kemudian oleh orang Belanda di bawa dan dilaksanakan juga di negara jajahannya, termasuk Indonesia dengan mendirikan organisasi yang bernama NIPV (Nederland Indische Padvinders Vereeniging = Persatuan Pandu-pandu Hindia Belanda. Baca selengkapnya……

Jawaban SKU Pramuka Penegak Laksana

13.Dapat melakukan pengembaraan selama 3 hari dan atau mengatur kehidupan perkemahan selama minimal 3 hari

Kita di ajarkan dapat hidup di mana saja dengan situasi dan kondisi baik atau buruk agar dapat bertahan di alam bebas dan memiliki tujuan agar kita tidak terbiasa dengan hal-hal yang instan.

14.Dapat menjelaskan sejarah, arti, tata cara penggunaan dan kiasan Sang Merah Putih.

Pada tanggal 28 oktober 1928 berkibarla bendera merah putih sebagai bendera kebangsaan yaitu pada saat sumpah pemuda kongres ke IIBenderah merah putih sebagai bendera nasional pada tanggal 17 Agustus 1945, ketika kemerdekaan diumumkan dan telah digunakan sejak saat itu pula.

yang di jahit oleh ibu fatmawati, BenderaNegara yang dikibarkan pada Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta disebut Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih.

Baca juga: Pramuka Pandega

Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih disimpan dan dipelihara di Monumen Nasional Jakarta.

Arti WarnaBendera Indonesia memiliki makna filosofis. Merah berarti berani, putih berarti suci, Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia.

Keduanya saling melengkapi dan menyempurnakan untuk Indonesia.Peraturan Tentang Bendera Merah PutihBendera negara diatur menurut UUD’45 pasal 35, UU No 24/2009.

Serta Peraturan Pemerintah No.40/1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia Bendera Negara dibuat dari kain yang warnanya tidak luntur dan dengan ketentuan ukuran:

  • 200 cm x 300 cm untuk penggunaan di lapangan istana kepresidenan.
  • 120 cm x 180 cm untuk penggunaan di lapangan umum.
  • 100 cm x 150 cm untuk penggunaan di ruangan.
  • 36 cm x 54 cm untuk penggunaan di mobil Presiden dan Wakil Presiden.
  • 30 cm x 45 cm untuk penggunaan di mobil pejabat negara.
  • 20 cm x 30 cm untuk penggunaan di kendaraan umum.
  • 100 cm x 150 cm untuk penggunaan di kapal.
  • 100 cm x 150 cm untuk penggunaan di kereta api.
  • 30 cm x 45 cm untuk penggunaan dipesawat udara.
  • 10 cm x 15 cm untuk penggunaan di meja.

Pengibaran dan/atau pemasangan Bendera Negara dilakukan pada waktu antara matahari terbit hingga matahari terbenam. Dalam keadaan tertentu, dapat dilakukan pada malam hari.

Jawaban SKU Pramuka Penegak Laksana

Bendera Negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh semua warga negara indonesia di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan di kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Bendera Negara wajib dikibarkan setiap hari di:

  • istana Presiden dan Wakil Presiden.
  • gedung atau kantor lembaga negara.
  • gedung atau kantor lembaga pemerintah.
  • gedung atau kantor lembaga pemerintah nonkementerian.
  • gedung atau kantor lembaga pemerintah daerah.
  • gedung atau kantor dewan perwakilan rakyat daerah.
  • gedung atau kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.
  • gedung atau halaman satuan pendidikan.
  • gedung atau kantor swasta.
  • rumah jabatan Presiden dan Wakil Presiden.
  • rumah jabatan pimpinan lembaga negara.
  • rumah jabatan menteri.
  • rumah jabatan pimpinan lembaga pemerintahan nonkementerian.
  • rumah jabatan gubernur, bupati, walikota, dan camat.
  • gedung atau kantor atau rumah jabatan lain.
  • pos perbatasan dan pulau-pulau terluar di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • lingkungan Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia.
  • taman makam pahlawan nasional.

Bendera Negara sebagai penutup peti atau usungan jenazah dapat dipasang pada peti atau usungan jenazah:

  • Presiden atau Wakil Presiden.
  • mantan Presiden atau mantan Wakil Presiden.
  • anggota lembaga negara.
  • menteri atau pejabat setingkat menteri.
  • kepala daerah.
  • anggota dewan perwakilan rakyat daerah.
  • kepala perwakilan diplomatik.
  • anggota Tentara Nasional Indonesia.
  • anggota Kepolisian Republik Indonesia yang meninggal dalam tugas.
  • warga negara Indonesia yang berjasa bagi bangsa dan negara.

Bendera Negara yang dikibarkan pada Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta disebut Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih.

Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih disimpan dan dipelihara di Monumen Nasional Jakarta.

15.Dapat menjelaskan peran Indonesia dalam organisasi ASEAN dan PBB

ASEAN

ASEAN adalah singkatan dari “ASSOCIATION OF SOUTHEAST ASIAN NATIONS” atau Persatuan Negara-negara Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok.

ASEAN didirikan oleh lima negara pemrakarsa melalui Deklarasi Bangkok. Menteri luar negeri penandatangan Deklarasi Bangkok kala itu adalah

  • Adam Malik (Indonesia).
  • Tun Abdul Razak (Malaysia).
  • Narciso R. Ramos (Filiphina).
  • S. Rajaratnam (Singapura).
  • Thanat Khoman (Thailand).
Tujuan ASEAN
  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan dikawasan Asia Tenggara.
  • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan tertib hukum.
  • Meningkatkan kerja sama yang aktif dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi.
  • Saling memberikan bantuan dalam bentuk sarana-sarana latihan dan penelitian.
  • Meningkatkan penggunaan pertanian, industri, perdagangan, jasa dan meningkatkan taraf hidup.
  • Memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan organisasi-organisasi internasional dan regional.

PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia.

Beberapa pertemuan sebelum terbentuknya PBB :

  • Tanggal 30 Oktober 1943, di Moskow dilahirkan deklarasi Moskow tentang keamanan umum yang ditanda tangani oleh Inggris, USA, Rusia, Cina yang mengakui pentingnya organisasi internasional perdamaian dunia.
  • Tanggal 21 Agustus 1944, di Washington DC dilangsungkan konferensi Dumbarton Oaks (Dumbarton Oaks conference) yang diikuti 39 negara yang membahas tentang rencana mendirikan PBB. Pada pertemuan Dumbarton Oaks, Washington DC, tanggal 21 Agustus – 7 Oktober 1945, dipersiapkan Piagam PBB.
  • Piagam PBB ditanda tangani di San Fransisco tangaal 26 Juni 1945 dan mulai berlaku tanggal 24 Oktober 1945.
  • Sejak didirikan di San Fransisco pada 24 Oktober 1945 sedikitnya 191 negara telah menjadi anggota PBB. Hingga Juni 2006 sudah ada 192 anggota PBB.Negara Indonesia masuk pertama kali menjadi anggota PBB pada tanggal 28 September 1950, kemudian keluar pada tanggal 7 Januari 1965 dan masuk kembali padatanggal 28 September 1966.
Tujuan Organisasi PBB
  • Memelihara perdamaian dan keamanan internasional.
  • Mengembangkan hubungan-hubungan persaudaraan antara bangsa-bangsa .
  • Menciptakan kerja sama dalam memecahkan masalah internasional dalam bidangekonomi, sosial-budaya dan hak asasi.
  • Menjadikan PBB sebagai pusat usaha dalam mewujudkan tujuan bersama cita-cita diatas.
Asas organisasi PBB
  • Berdasarkan persamaan kedaulatan dari semua anggotanya.
  • Semua anggota harus memenuhi dengan ikhlas kewajiban-kewajiban merekasebagaimana tercantum dalam Piagam PBB.
  • Semua anggota harus menyelesaikan persengketaan-persengketaan internasional dengan jalan damai tanpa membahayakan perdamaian, keamanan dan keadilan.
  • Dalam hubungan-hubungan internasional semua anggota harus menjauhi penggunaan ancaman atau kekerasan terhadap orang lain.

Baca juga: Pramuka Penegak

16.Telah memiliki keterampilan kewirausahaan yang dapat menghasilkan uang.

Dunia wirausaha adalah dunia yang memang sangat diinginkan oleh kebanyakan orang. Karena dunia wirausaha sangat tidak dibatasi waktudan atasan. Semuanya dikerjakan sesuai dengan keinginan kita.

Jawaban SKU Pramuka Penegak Laksana

17.Dapat membuat salahsatu jenis peralatan teknologi tepat guna.

Misalnya menyampaikan pesan atau isyarat dari ketinggian , stang lampu dari ketinggian, dan lain – lain.

18.Dapat membuat struktur dari keterampilan tali temali dan pionering, yang dapat digunakan masyarakat Secara berkelompok .

jembatan penyeberangan sangat di butuhkan di desa-desa persungaian, keterampilan dari Tali temali dan pionering sangat berguna di masyarat guna membangun jembatan penyebrangan.

19.Selalu berolahraga, Dapat melakukan olahraga renang selain gaya bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olahraga lainnya.

Selain empat jenis gaya renang yang dipertandingkan (gaya dada, gaya bebas, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu), masih dikenal berbagai variasi gaya renang yang lain. Dalam perlombaan renang dikenal istilah renang gaya ganti yang mengacu kepada urutan gaya renang yang harus dilakukan. Dalam nomor renang gaya ganti perorangan, perenang memulai dengan gaya kupu-kupu, diteruskan dengan gaya punggung, gaya dada, dan diakhiri dengan gaya bebas.

20.Dapat memahami dan menjelaskan tentang kesehatan reproduksi

Pengertian Kesehatan ReproduksiKesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis (UU No. 23 Tahun 1992).

Definisi ini sesuai dengan WHO, kesehatan tidak hanya berkaitan dengan kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental dan sosial, ditambahkan lagi (sejak deklarasi Alma Ata-WHO dan UNICEF) dengan syarat baru, yaitu: sehingga setiap orang akan mampu hidup produktif, baik secara ekonomis maupun sosial.

Kesehatan reproduksi adalah keadaan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang utuh dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan dalam segala hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan fungsi-fungsi serta proses-prosesnya.

Kesehatan reproduksi berarti bahwa orang dapat mempunyai kehidupan seks yang memuaskan dan aman, dan mereka memiliki kemampuan untuk bereproduksi dan kebebasan untuk menentukan keinginannya, kapan dan frekuensinya.

Hak yang Terkait Dengan Kesehatan ReproduksiMembicarakan kesehatan reproduksi tidak terpisahkan dengan soal hak reproduksi, kesehatan seksual dan hak seksual.

Hak reproduksi adalah bagian dari hak asasi yang meliputi hak setiap pasangan dan individual untuk memutuskan secara bebas dan bertanggung jawab jumlah, jarak, dan waktu kelahiran anak, serta untuk memiliki informasi dan cara untuk melakukannya

Baca juga: Pramuka Penggalang

21.Dapat mempersiapkan susunan dan pelaksana upacara, telah mempersiapkan minimal 3 kali upacara, telah menjadi pelaksana upacara minimal 3 kali.

Macam upacara di Ambalan PenegakMacam upacara di dalam Ambalan Penegak meliputi :

  • Upacara Pembukaan Latihan.
  • Upacara Penutupan Latihan.
  • Upacara Penerimaan Tamu.
  • Upacara Penerimaan Calon.
  • Upacara Pelantikan.
  • Upacara Kenaikan Tingkatg.
  • Upacara Pemberian Tanda Kecakapan Khusus.
  • Upacara Pindah ke Golongan ke Racana Pandega.
  • Upacara Pelepasan.

Upacara Pembukaan Latihan di Ambalan Penegak diatur sebagai berikut :

  • Kerapihan setiap anggota ambalan.
  • Sangga Kerja menyiapkan perlengkapan upacara.
  • Pradana mengumpulkan anggota ambalan dalam bentuk barisan bersaf.
  • Laporan Pemimpin Sanga kepada Pradana.
  • Pada waktu Pemimpin Sangga meninggalkan tempat, Wakil Pemimpin Sangga pindah ketempat Pemimpin Sangga.
  • Para Pemimpin Sangga sesudah laporan mengambil tempat di sebelah kanan barisan.
  • Pradana menjemput Pembina dan mengantarnya ke sebelah kanan para pemimpin Sangga.
  • Pradana mengambil tempat di depan barisan, sesuai dengan adat ambalan yang berlaku.
  • Petugas bendera mengibarkan Sang Merah Putih, Pradana memimpin penghormatannya.
  • Pembacaan Dasa darma oleh petugas.
  • Pembina Penegak atau Pembina Upacara membaca Pancasila diikuti oleh anggota ambalan.

Upacara Penutupan Latihan penegak adalah sebagai berikut :

  • Kerapihan setiap anggota ambalan.
  • Pradana mengumpulkan anggota ambalan dalam bentuk barisan bersaf.
  • Pemimpin Sangga mengambil tempat di sebelah kanan barisan.
  • Wakil Pemimpin Sangga pindah ke tempat Pemimpin Sangga.
  • Pradana menjemput Pembina Penegak dan mengantarkannya ke sebelah kanan barisan.
  • Pradana mengambil tempat di depan barisan sesuai dengan adat ambalan yang berlaku.
  • Petugas bendera menurunkan Sang Merah Putih untuk disimpan.
  • Pembacaan renungan atau sandi ambalan oleh petugas.
  • Pengumuman tentang sangga kerja untuk latihan yang akan datang, dan lain-lain.
  • Pradana memimpin berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.
  • Laporan Pradana kepada Pembina Penegak.
  • Pradana membubarkan barisan.

22.Dapat menyebutkan penyebab dan cara pencegahan penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat.

Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan karena masuknya bibit penyakit. Penyakit ini menular dari satu orang ke orang lain.

Contoh:

  • TBC
  • Tetanus
  • Mencret
  • Pneumonia
  • Gonorrhea dan sifilis .

23.Dapat melakukan pengembaraan selama 3 hari berturut-turut.

Misalnya Pengembaraan berpetualang, Pengembaraan untuk kelestarian lingkungan, Pengembaraan untuk penyelidikan, Pengembaraan untuk mengenal medan, Pengembaraan untuk ketahanan mental-fisik.

Demikianlah tentang Jawaban SKU Pramuka Penegak Laksana semoga bermanfaat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *