Cara Membuat Ulasan Dalam Bentuk Narasi sebagai berikut:

NAMA :
NO.STAMBUK :
KELAS :

Analogi saya terhadap :

Bagaimana hubungan antara bahasa dan pikiran?
Dapatkah kita berpikir tanpa bahasa?
Bagaimana proses berpikir itu?
Apakah pikiran kita dipolakan oleh struktur bahasa yang digunakan?
Bagaimana caranya agar hasil pemikiran kita dimengerti oleh pendengar?

Cara Membuat Ulasan Pertanyaan di Atas Dalam Bentuk Narasi.

contoh cara membuat ulasan dalam bentuk narasi

1.Hubungan antara bahasa dan pikiran

  • Bahasa adalah medium tanpa batas yang membawa segala sesuatu mampu termuat dalam lapangan pemahaman manusia. Bahasa diartikan sebagai rangkaian bunyi yang mempunyai makna tertentu..
  • Pikiran berasal dari kata dasar pikir. Berpikir adalah aktifitas mental manusia. Dalam proses berpikir kita merangkai-rangkaikan sebab akibat, menganalisisnya dari hal-hal yang khusus ke yang umum. Berpikir bererti merangkai konsep-konsep.Pikiran adalah proses pengolahan stimulus yang berlangsung dalam domaian representasi utama.
  • Bahasa dan pikiran adalah ruang terjadinya peristiwa realitas. Berpikir adalah tangggapan sikap objektivistik dan sikao mengambil jarak. Dan bahasa berkaitan erat dengan perstiwa penyampaian arti. Bahasa adalah jawaban terhadap tanggilan realitas kepadanya. Jadi hubungan antara bahasa dan pikiran merupakan suatu proses, satu gerak yang terus-menerus dan saling bekerja sama.

Baca juga: Jenis-Jenis Drama dan Penjelasannya

2.Manusia dapat berpikir tanpa menggunakan bahasa, tetapi bahasa mempermudah kemampuan belajar dan mengikat, memecahkan persoalan dan menarik kesimpulan.

  • Salah satu fakta yang dipaparkan untuk menunjukkan bahwa manusia dapat berpikir tanpa menggunakan bahasa dalam kasus kehidupan sehari-hari menunjukkan bahwa bayi yang belum memiliki bahasa secara optimal sudah mampu menalar lebih dari hal-hal yang menarik bagi mereka.
  • Bukti kedua yang menunjukkan bahwa manusia dapat berpikir tanpa menggunakan bahasa adalah kasus anak-anak tuna rungu yang mampu memahami strukrur symbol bahasa. Anak-anak ini dapat menemukan isyarat dan gerak mereka sendiri untuk mengkomunikasikan pikiran dan keinginan mereka.
  • Bukti ketiga adalah kasus penggunaan mental image yang diperagakan oleh beberapa individu. Seniman dalam bidang visual memiliki kemampuan menalar yang dapat disejajarkan dengan penulis ataupun ilmuan.

3.Proses berpikir itu adalah proses mental yang terjadi secara alamiah atau terencana dan sistematis pada konteks ruang, waktu dan media yang digunakan, serta menghasilkan suatu perubahan terhadap objek yang mempengaruhinya.

4.Pikiran kita dipolakan oleh struktur bahasa yang digunakan karena bahasa merupakan pemandu realitas sosial yang mengkondisikan pikiran individu tentang sebuah masalah social. Sehingga dikatakan bahwa bahasa adalah alat untuk mengembangkan .dan menyempurnakan pemikiran.

Baca juga: Konsep Dasar Kajian Drama, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

5.Caranya agar hasil pemikiran kita dimengerti oleh pendengar adalah menyatakan apa yang ada dipikiran kita dengan sederhana dan jelas, menjelaskan dengan kalimat sendiri, memberikan contoh dan mengilustrasikannuya.

demikianlah tentang Cara Membuat Ulasan Dalam Bentuk Narasi semoga bermanfaat jangan lupa tinggalkan komentar jika ada yang salah.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *