Aliran Realisme, Dalam dunia sastra kita mengenal beberapa aliran na salah satu yang hendak kita bahas untuk saat ini merupakan aliran sastra realisme.

Aliran dalam karya sastra umumnya nampak pada periode tertentu, tiap periode sastra umumnya diisyarati oleh aliran yang dianut oleh pengarang pada masa itu.

aliran realisme

Pengetian Aliran Realisme

Aliran merupakan paham atau pandangan yang dilandasi pemikiran tentang karya sastra.

Aliran realisme merupakan aliran yang senantiasa berupaya melukiskan kondisi ataupun kejadian setimpal dengan realitas.

Dimana para pengarang tidak menambahkan atau mengurangi sesuatu peristiwa maupun kejadian yang mereka amati.

Dalam penafsiran lebih luas, usaha realisme hendak senantiasa terjalin tiap kali berupa berupaya mengamati serta meniru bentuk- bentuk di alam secara akurat.

Baca Juga : Pengertian Puisi dan Jenis-Jenis Puisi

Tokoh- Tokoh Realisme

Berikut ini merupakan sebagian nama tokoh seni rupa realisme yang terkemuka di dunia, diantaranya:

1.Karl Pavlovich Bryullov

Lahir di Rusia : 12 Desember 1799 dan wafat 11 Juni 1852, adalah pelukis Rusia. Ia dianggap sebagai tokoh kunci dalam transisi dari Rusia Neoclassicism untuk romantisme .

2.Jean-Baptiste-Simeon Chardin

Lahir 2 November 1699 wafat 6 Desember 1779 adalah seorang pelukis Perancis abad ke-18. Ia dianggap master masih hidup dan juga terkenal karena genre lukisan yang menggambarkan pelayan dapur, anak, dan kegiatan domestik. Hati-hati komposisi seimbang, difusi cahaya lembut, dan butiran impasto mencirikan karyanya.

3.Jean-Baptiste-Camille Corot

Lahir 17 Juli 1796 wafat 22 Februari 1875 adalah seorang pelukis Perancis pada zaman Renaisans di etsa . Corot adalah pelukis terkemuka dari sekolah Barbizon Perancis pada pertengahan abad kesembilan belas. Ia merupakan tokoh penting dalam lukisan pemandangan.

4.Jean Désiré Gustave Courbet

Lahir 10 Juni 1819 wafat 31 Desember 1877 adalah seorang pelukis Perancis yang memimpin Realis gerakan di lukisan abad ke-19 Perancis. Gerakan Realis menjembatani gerakan Romantis (ditandai dengan lukisan Théodore Géricault dan Eugène Delacroix ), dengan Sekolah Barbizon dan impresionis .

Courbet menempati tempat penting dalam lukisan abad ke-19 Perancis sebagai pembaru dan sebagai seorang seniman bersedia untuk membuat komentar sosial yang berani dalam karyanya.

5.Honoré Daumier

Lahir 26 Februari 1808 wafat 10 Februari 1879 adalah seorang pelukis Perancis, ahli karikatur, dan pematung , yang bekerja menawarkan banyak komentar tentang kehidupan sosial dan politik di Perancis pada abad ke-19.

6.Thomas Cowperthwait Eakins

Lahir 25 Juli 1844 wafat 25 Juni 1916 adalah seorang pelukis realis Amerika, fotografer, pemahat, dan seni rupa pendidik. Ia secara luas diakui sebagai salah satu seniman yang paling penting dalam sejarah seni Amerika.

7.Ignacy Aleksander Gierymski

Lahir 30 Januari 1850 di Warsawa , meninggal antara 6 dan 8 Maret 1901 di Roma adalah seorang pelukis Polandia dari akhir abad 19. Dia adalah adik dari Maksymilian Gierymski , sama-sama terkenal pelukis cat air Polandia.

8.Iga Le Nain

pelukis Perancis bersaudara pada abad ke-17 : Antoine Le Nain (c.1599-1648), Louis Le Nain (c.1593-1648), dan Mathieu Le Nain (1607-1677). Mereka menghasilkan karya bergaya, potret dan potret miniatur.

9.Édouard Manet

Lahir 23 Januari 1832 wafat 30 April 1883 adalah seorang pelukis Perancis. Salah satu seniman abad ke-19 pertama pendekatan mata pelajaran kehidupan modern, ia adalah seorang tokoh penting dalam transisi dari Realisme ke Impresionisme .

10.Jean-François Millet

Lahir 4 Oktober 1814 – 20 Januari 1875) adalah seorang pelukis Perancis dan salah satu pendiri sekolah Barbizon di pedesaan Perancis. Millet terkenal karena adegan dari petani petani, ia dapat dikategorikan sebagai bagian dari gerakan naturalisme dan realisme.

Baca Juga : Pengertian Prosa dan Jenis-Jenis Prosa

Bentuk Realisme

Realisme Ekstrem Ataupun Primitif

Realisme ekstrem, yang berkomentar kalau abstraksi itu terdapat bagaikan entitas riil dalam ukuran lain kenyataan serta konkret.

Yang kita anggap cuma gambaran yang tidak sempurna, tetapi konkret tersebut menimbulkan munculnya abstraksi dalam benak kita.

Pada hakikatnya berupaya memelihara keunggulan eksistensi( kenyataan) dengan membebaskan pemahaman dengan memasukkan konsep yang konkret.

Kelemahan realisme ekstrem merupakan terdapat pengalaman umum kekeliruan memperhitungkan anggapan; tidak terdapat uraian menimpa objek khayalan/ halusinasi; seluruh anggapan bergantung konteks visual.

Realisme Ide Sehat

Realisme ide sehat tampaknya memperlunak masalah- masalah realisme ekstrem.namun menjauhi kepalsuan yang lekas dialami orang dengan terdapatnya dualisme serta idealisme.

Realisme ide sehat setuju dengan realisme ekstrem atau primitif, kalau obyek- obyek raga tidak tergantung pada benak atau terletak di luar benak.

Anggapan semacam ini bertabiat subyektif, serta obyek- obyeknya seluruhnya ada di dalam benak.

Realisme ide sehat mempunyai kelebihan dalam menanggulangi kritik kedua yang diajukan terhadap realisme ekstrem ataupun primitif.

Baca Juga : Pengertian Drama, Unsur Drama, Jenis Drama


6 Komentar

Aliran Naturalisme: Pengertian, Ciri-ciri, Tokoh · 03/07/2019 pada 1:26 am

[…] berbeda dengan Aliran Realisme yang selalu mengungkapkan hal-hal yang baik maupun tidak baik yang orang tersinggung atau […]

Aliran Romantisme: Pengertian, Ciri, Tokoh · 06/07/2019 pada 5:09 pm

[…] Aliran Realisme: Pengertian, Tokoh, Jenis […]

Kumpulan Puisi Karya Chairil Anwar Terbaik Sepanjang Masa · 20/08/2019 pada 8:57 pm

[…] Baca juga: Aliran Realisme: Pengertian, Tokoh, Jenis […]

Aliran Ekspresionisme: Pengertian, Tokoh, Ciri-ciri, Karakteristik · 25/08/2019 pada 2:35 pm

[…] Baca Juga : Aliran Realisme […]

Genre Sastra dan Sistem Sastra Menurut Para Ahli · 07/09/2019 pada 7:49 pm

[…] Baca juga: Aliran Realisme: Pengertian, Tokoh, Jenis […]

Mengenal Jenis - jenis Aliran Dalam Karya Sastra · 04/12/2020 pada 11:44 pm

[…] Realisme adalah aliran dalam karya sastra yang berusaha melukiskan suatu objek seperti apa adanya pengarang berperan secara objektif. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *